#10 Cara Menghilangkan/Mengatasi Jerawat Membandel

10 Cara menghilangkan/mengatasi jerawat membandel – Jerawat merupakan suatu masalah pada kulit yang dapat timbul kapan saja dan kepada siapapun juga. Meskipun jerawat bukanlah suatu penyakit kulit yang kronis, namun hanyalah sebuah benjolan kecil yang melekat, kehadirannya itu sangat terasa mengganggu, hal ini dikarenakan jerawat dapat mengganggu penampilan seseorang. Oleh karena itu, jerawat tersebut menjadi musuh utama bagi para kaum muda-mudi.

menghilangkan-jerawat

Dengan adanya jerawat, kehadirannya itu memang sangat terasa megganggu sekali, terlebih lagi jerawat-jerawat yang membandel atau jerawat yang suka datang dan pergi dari wajah. Bahkan ada pula kalanya jerawat tersebut terlihat sangat menjijikkan. Namun Anda jangan khwatir, masalah jerawat pada wajah akan bisa diatasi dengan cepat dan mudah. Namun sebelum kita mengulas tentang masalah bagaimana cara menghilangkan jerawat yang membandel dengan cepat dan mudah tersebut? Perlu kita cari tahu terlebih dahulu mengenai penyebab jerawat yang muncul di wajah agar kita lebih mudah dalam upaya pencegahannya, serta upaya kita dalam mengatasi jerawat yang ada tersebut.

Penyebab Jerawat yang Muncul di Wajah

Adapun penyebab utama jerawat yang muncul tersebut tentu dengan keadaan dimana pori-pori di wajah tersumbat, sehingga membuat kulit menjadi tidak bernafas, sehingga akhirnya muncul peradangan pada wajah yang menimbulkan munculnya benjolan yang terkadang membuat jerawat yang muncul tersebut menjadi bernanah. Nah jika nanah ini sudah muncul, kita harus segera melakukan tindakan agar masalah jerawat tersebut akan cepat teratasi. Namun selain dari hal tersebut di atas, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan kulit menimbulkan jerawat. Penyebab timbulnya jerawat tersebut disebabkan oleh antara lain sebagai berikut:

  • Faktor Hormon atau Keturunan

Penyebab atau faktor utama jerawat yang pertama yaitu disebabkan karena hormon atau faktor keturunan. Genetik yang diturunkan dari orang tua akan diberikan otomatis kepada sang anak. Maka dari itu ketika orang tua berjerawat, kelenjar minyak pada si anak akan beraktifitas menjadi lebih produktif, hingga akan mudah muncul jerawat. Jerawat yang muncul karena disebabkan oleh faktor keturunan ini terkesan agak sulit dihilangkan.

  • Jarang Membersihkan Kulit

kotornya kulit dan kulit tersebut jarang dibersihkan adalah salah satu penyebab utama jerawat muncul. Saat kita beraktivitas, berbagai macam kotoran, debu, polusi dan semua zat yang berbahaya lainnya akan mudah menempel pada kulit Anda. Jikalau hal tersebut tidak dibersihkan, ini akan dapat menyebabkan pori-pori kulit menjadi tersumbat sehingga pada akhirnya akan muncul jerawat. disarankan kepada Anda untuk membersihkan kulit wajah setelah setelai melakukan aktifitas supaya dapat terbebas dari semua masalah jerawat atau masalah pada kulit lainnya.

  • Sering Menyentuh Pada Kulit Wajah

Sering menyentuh kulit wajah juga akan berpotensi munculnya jerawat. Terlebih lagi jika tangan Anda berada dalam keadaan yang kotor. Hal ini biasanya diawali dengan perasaan gatal pada kulit, yang mana hal tersebut akan muncul benjolan-benjolan yang disebut dengan jerawat. Maka oleh sebab itu hindarilah terlalu sering menyentuh kulit wajah.

  • Penggunaan Kosmetik yang Tidak Cocok

Menggunakan kosmetik adalah bertujuan supaya kulit wajah bisa terlihat lebih mempesona dan akan menambah kecantikan. Akan tetapi tidak semua kosmetik tersebut cocok dengan jenis kulit wajah. Terkadang pula kosmetik tersebut juga banyak mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya, yang mana bahan kosmetik tersebut dapat merusak kulit wajah, seperti misalnya iritasi yang dapat mengakibatkan munculnya jerawat pada wajah. Adapun kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit juga akan menjadi penyebab utama jerawat tersebut muncul. Hal tersebut akan menjadi semakin memburuknya kondisi wajah jika kosmetik yang digunakan itu adalah kosmetik palsu atau abal-abal, bukan hanya jarawat saja yang akan muncul, kosmetik palsu atau abal-abal tersebut akan dapat pula menyebabkan terjadinya kanker kulit. Maka dari itu lebih baik Anda menggunakan kosmetik yang berkualitas baik dan memang cocok dan pas dengan jenis kulit anda, lalu gunakan secukupnya.

  • Bekas Make-Up yang Tidak Dibersihkan

Jika pada saat kerja, atau hendak berangkat ke kantor, tentu Anda menggunakan make-up, jadi setelah banyak melakukan rutinitas pekerjaan serta aktivitas sehari-hari, tubuh akan terasa lesu dan lelah. Iinilah yang menyebabkan banyak orang langsung tertidur tanpa membersihkan terlebih dahulu kulit wajah dari make up yang digunakannya tersebut. Padahal make up yang dipakai ini telah bercampur dengan debu serta polusi, dan juga make up akan bercampur dengan keringat, ini bisa menjadi penyebab utma munculnya jerawat. Jadi saiknya anda membersihkan terlebih dahulu make up anda sebelum beristirahat.

  • Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Gaya hidup yang idtak sehat, seperti misalnya jarang melakukan aktivitas seperti olah raga, kebiasaan merokok, atau minum minuman yang beralkohol juga merupakan penyebab munculnya jerawat tersebut. Jadi dengan berolah raga dapat memperlancar peredaran darah pada otot-otot di wajah Anda, jika Anda jarang berolah raga, kulit akan terlihat pucat dan akan mudah timbul jerawat. Dan begitu juga dengan kebiasaan merokok atau minum minuman yang mengandung alkohol, keduanya itu dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, seperti kulit menjadi kering, munculnya jerawat, hingga penuaan dini pada wajah.

  • Kulit Wajah yang Kusam dan Berminyak

Kulit wajah yang kusan dan berminyak merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat. Bukan hanya jerawat saja yang muncul, kulit wajah yang berminyak juga akan dapat menyebabkan berbagai macam masalah kulit lainnya seperti komedo, kulit gelap, kusam, penuaan dini, dan lain sebagainya. Kulit wajah yang berminyak juga tidak enak dipandang, dan akan membuat seseorang tersebut tidak Pede.

  • Pengaruh Hormon

Pengaruh dari hormon juga merupakan suatu penyebab munculnya jerawat. Maka dari itu tak heran dikala hendak menjelang haid, jerawat akan kerap muncul di kulit. Karena disaat itu hormon menjadi tidak seimbang, sehingga dapat mengakibatkan kulit berjerawat.

  • Faktor Makanan

Ada beberapa macam makanan yang dapat menjadi penyebab utama munculnya jerawat, contohnya makan berlemak, seperti misalnya gorengan. Gorengan ialah makanan penyebab kulit menjadi berminyak dan dapat menimbulkan jerawat, jadi sebaiknya makan gorengan tersebut Anda hindari saja. Tidak hanya gorengan saja yang dapat menimbulkan jerawat, tetapi makanan yang asin dan terlalu manis juga akan menjadi penyebab utama munculnya jerawat, minuman yang bersoda juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Maka saiknya Anda hindari makanan-makan yang menjadi penyebab masalah jerawat tersebut.

Cara Mengatasi Jerawat yang Membandel

Ada beberapa cara untuk dapat mengatasi jerawat yang membandel tersebut. Anda bisa menggunakan obat krim anti jerawat, krim itu akan memberikan efek yang instans, tetapi juga akan memberikan efek sampingnya yang cukup berbaya bagi kesehatan kulit wajah Anda dimasa depan. Anda juga boleh berkonsultasi ke dokter spesialis kulit atau klinik kecantikan, cara tersebut juga merupakan cara yang efektif dan instan untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah Anda, akan tetapi bagi mereka yang memiliki isi kantong yang pas-pasan tentunya tidak akan bisa melakukan cara ini. Tapi Anda tak usah khawatir, masih ada cara lain yang alami yang murah meriah serta anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Walaupun terasa sedikit merepotkan, namun cara yang alami ini akan memberikan efek yang baik untuk dapat menyembuhkan jerawat, dan juga tidak memberikan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan kulit dimasa yang akan datang. Berikut ini ada beberapa cara yang alami untuk mengatasi jerawat yang membandel.

  • Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi jerawat yang membandel. menggunakan bawang putih bisa dilakukan dalam waktu semalam, dan ini juga sering digunakan oleh banyak orang untuk mengatasi masalah jerawat. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu tumbuk bawang putih tersebut, lalu tempelkan pada kulit wajah Anda yang berjerawat selama 1 malam, atau Anda juga bisa menggosokkan bawang putih tersebut pada jerawat Anda sebelum Anda tidur, kemudian diamkan selama semalam. Dan pada pagi harinya cuci bersih wajah Anda tersebut maka jerawat akan mengering dipagi hari itu juga.

  • Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga merupakan sebuah bahan alami yang mudah didapatkan, misalnya Anda bisa membelinya di pasar-pasar atau bahkan terdapat di belakang rumah, yang mana jeruk nipis tersebut dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah pada jerawat. Jeruk nipis sudah sering dan banyak digunakan untuk perawatan kulit, serta dapat mengatasi berbagai macam masalah pada kulit salah satunya yaitu jerawat. Adapun caranya cukup mudah. Peras buah jeruk nipis tersebut, kemudian oleskan pada kulit wajah yang terdapat jerawat, Anda bisa mencampurkannnya dengan madu, lalu diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

  • Menggunakan Daun Lidah Buaya

Seperti yang sudah diketahui, daun lidah buaya dikenal dengan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan rambut. Tapi tidak hanya bisa digunakan untuk kesehatan rambut saja, ternyata daun lidah buaya juga baik untuk kulit loh pemirsa!! šŸ™‚Ā  Daun lidah buaya dapatĀ  mengatasi banyak masalah pada kulit, salah satunya adalah kulit wajah yang berjerawat. Cara menggunakannya adalah potong daun lidah buaya tersebut kemudian oleskan gel lidah buaya pada kulit yang terdapat jerawat pada pagi hari dan sore hari, mudah-mudahan jerawat akan sembuh dalam waktu 2 hari atau 3 hari.

  • Menggunakan Madu

Madu merupakan cairan yang manis yang mana madu tersebut dihasilkan oleh lebah. Madu juga memliki sejuta khasiat yang berguna serta bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, oleh karena itu madu sering disebut dengan sebutan cairan ajaib. JadiĀ  untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan madu tersebut sangat mudah, caranya adalah siapkan madu murni, lalu oleskan pada kulit yang berjerawat, kemudian diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Adapun perawatan wajah dengan madu ini dapat membuat kulit menjadi cerah, kenyal, dan akan cantik alami.

  • Menggunakan Putih Telur

Cara yang lain untuk menghilangkan jerawat yang membandel tersebut adalah dengan menggunakan putih telur. Putih telur sering digunakan oleh para wanita sebagai sebuah masker kulit wajah, yang mana tujuannya ini adalah untuk memperoleh kulit wajah yang cerah serta dapat menghilangkan bentuk keriput atau kerutan yang terdapat pada kulit wajah. Namun bukan cuma itu saja, untuk masalah jerawat juga dapat diatasi dengan menggunakan putih telur. Caranya adalah cukup oleskan putih telur tersebut pada kulit wajah yang berjerawat lalu diamkan selama lebih kurang 20 menit atau setelah putih telur tersebut terasa kaku di wajah, setelah itu baru Anda bilas dengan air yang hangat.

  • Menggunakan Tomat

Tomat merupakan jenis sayuran yang sudah seringkali dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan saus atau sambal. Namun pada dunia kecantikan, tomat merupakan buah yang kaya manfaat. Tomat bisa dijadikan untuk masker wajah, karena besar manfaatnya untuk kecantikan pada kulit wajah. Dan salah satu manfaat dari masker wajah dengan tomat adalah untuk mengatasi jerawat yang membandel. Caranya yaitu haluskan tomat dengan cara diblender, setelah itu aplikasikkan pada kulit wajah Anda kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air dingin sampai bersih.

  • Menggunakan Es Batu

Es batu biasanya digunakan untuk mendinginkan minuman, namun es batu juga bermanfaat dan dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Es batu bisa menghilangkan jerawat, bahkan jerawat yang membandelpun dapat diatasi dengan es batu. Caranya yaitu bungkus es batu tersebut dengan kain bersih, dan tempelkan pada kulit yang ada jerawatnya, lakukan selama beberapa detik atau menit kemudian Anda ulangi penempelan tersebut hingga 10-20 kali sampai jerawat melembut. Es batu juga dapat mengecilkan dan membersihkan pori-pori kulit dari kotoran.

  • Menggunakan Baking Soda

Baking soda lebih sering digunakan oleh ibu-ibu untuk pembuatan kue, tapi baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Caranya yaitu cukup dengan mencampurkan baking soda dengan garam laut, dan campurkan dengan air hingga menjadi sebuah pasta, kemudian oleskan pada jerawat selama waktu 20 menit dan bilas dengan air dingin sampai bersih.

  • Menggunakan Mentimun

Mentimun juga merupakan sebuah solusi terbaik dalam hal untuk mengatasi masalah wajah yang berjerawat. Pada mentimun terkandung banyak air yang bisa menghilangkan minyak, serta kotoran pada kulit wajah yang menjadi penyebab utama wajah menimbulkan jerawat. Adapun caranya yaitu iris tipis-tipis mentimun tersebut, kemudian tempelkan pada jerawat selama waktu 20 menit dan rasakan efek dinginnya wajah Anda setelah menggunakan mentimun.

  • Menggunakan Kentang

Salah satu cara yang mudah untuk menghilangkan jerawat yang membandel tersebut yaitu menggunakan kentang. Kentang dapat mengatasi masalah kulit wajah yang berjerawat. Caranya adalah cukup dengan menjadikan kentang untuk masker wajah, haluskan kentang tersebut, lalu aplikasikan pada kulit wajah Anda. Lalu Anda diamkan selama kurang lebih selama 20 menit dan kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.

Demikianlah cara menghilangkan jerawat yang membandel, semoga bermanfaat, dan jangan lupa dengan perawatan wajah agar tetap bersih dan cerah, Anda perlu untuk menjaga kebersihan kulit wajah Anda dari salah satunya sinaran matahari langsung, supaya dapat terhindar dari jerawat yang menimbulkan masalah pada kulit wajah Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *